Perlukah Les Baca Tulis Hitung

Les Membaca,  Menulis & Berhitung

les privat baca tulis hitung
gambar: www.reading-rewards.com

Uraian di bawah ini mungkin akan menjadi salah satu referensi ayah-bunda dalam mengambil keputusan besar bagi masa depan putra/putri kecil yang saat ini akan beranjak masuk sekolah SD atau saat ini masih duduk di bangku TK. Barangkali banyak artikel dan pembahasan dari para pakar mengenai kapan anak harus mulai diajarkan baca tulis hitung (Calistung), atau pada usia berapa anak harus mulai dapat membaca, menulis & berhitung.

Berdasarkan aturan pemerintah, bahwa masuk sekolah SD, siswa tidak disyaratkan harus sudah bisa baca, tulis & hitung (Calisitung). Memang secara formal pada saat pendaftaran masuk sekolah SD (*baik swasta maupun sekolah negeri) jarang di temukan syarat harus bisa calistung. Tapi syarat utama nya adalah telah cukup usia (*yakni 6 atau 7 tahun). Namun pada kenyataan nya yang penulis alami & temukan bahwa pada sekolah-sekolah yang memiliki peminat cukup tinggi, dimana pendaftar siswa baru jauh melebihi kuota yang tersedia, maka secara "tersembunyi" pada fakta nya siswa yang dapat masuk (*selain usia nya telah cukup) mereka melihat kemampuan baca tulis & berhitung. Hal ini disinyalir dari beragam tes baca tulis hitung yang mereka berikan untuk dapat menyeleksi setiap siswa nya. Sehingga siswa yang belum dapat membaca & menulis tidak lolos seleksi.

Dengan melihat kenyataan ini, maka para orang tua menjadi khawatir bahwa manakala anak nya mau masuk jenjang SD & belum bisa baca tulis hitung, mereka lalu melakukan berbagai upaya dalam mengatasi hal tersebut. Ada diantara para orang tua yang menuntut guru TK agar mengajarkan calistung, atau bahkan memilih sekolah TK nya yang akan menjamin lulus TK sudah bisa membaca & menulis dengan baik. Padahal sekolah TK/PAUD tidak persiapkan untuk siswa harus belajar calistung.

Oleh karena itu, bagi para orang tua yang menginginkan anak nya sudah bisa baca tulis hitung, terutama yang saat ini akan masuk usia SD, kelas TK B, atau yang saat ini telah berada di kelas I SD namun belum lancar membaca & menulis, maka segera panggil guru les privat Calistung dari SIGMA GANESHA. 

Mengapa harus guru les privat calistung dari SIGMA GANESHA?, Karena guru les privat kami telah terseleksi dan terpilih memiliki cara, metode & variasi dalam mengajarkan calistung yang efektif & menyesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Guru-guru les kami yang akan datang ke rumah merupakan guru yang telah memiliki keilmuan & pengalaman dalam mengajar baca tulis hitung. Sehingga orang tua tidak perlu membuang-buang waktu & pikiran dalam mengatasi anak yang belum lancar baca tulis hitung.

Guru les privat kami akan memegang prinsip sebagai seorang guru yang terdidik & terlatih. Diantaranya adalah
1. Mengajar dengan jiwa & hati yang tulus.
2. Memahami tahap perkembangan & psikologi anak.
3. Menguasai beragam metode pembelajaran yang sesuai gaya belajar siswa/ learning profile.
4. Menyesuaikan dengan metode belajar yang efektif bagi setiap siswa.
5. Mengajar dengan nyaman dan menyenangkan.

Yang perlu diperhatikan bahwa dalam belajar calistung, terutama bagi orang tua yang hendak mengajarkan/ memberikan guru les baca tulis bagi siswa yang masih usia TK, bahwa anak jangan pernah dipaksa untuk belajar tanpa dia memiliki kemauan sendiri. Buatlah anak itu senang dengan belajar dan senang dengan membaca terlebih dahulu. Maka jika anak telah senang & menyukai belajar akan lebih mudah untuk proses belajar selanjut nya.

Jangan ragu-ragu untuk memanggil guru les privat yang profesional. Segera hubungi SIGMA GANESHA.

call/ wa : 08787.065.1432call/sms : 081295.800.765


Judul: Perlukah Les Baca Tulis Hitung; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5